Guru SDI Beliko Ikut Bimtek Pembuatan Aksi Nyata PMM Berbasis Canva


Sebanyak 13 guru hebat yang berada di SD Inpres Beliko, Desa Bliko, Kecamatan Wotan Ulumado, Kabupaten Flores Timur, NTT, pada Sabtu (02/03/24) lalu mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Aksi Nyata PMM Berbasis Canva. Bimtek yang berlangsung di aula SDI Beliko ini difasilitasi oleh narasumber Muhammad Soleh Kadir, S.Pd.,Gr., yang merupakan Guru pada SMPN 1 Adonara Timur, Guru Penggerak, dan Pengajar Praktik. 

Sebagaimana disaksikan media ini, kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh Kepala SDI Beliko, Yasinta Lipat Sina, S.Pd.,SD., lalu dilanjutkan oleh pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber. Dalam pembukaan, Yasinta mengharapkan agar narasumber menuntut para guru agar mampu membuat bahan ajar aksi nyata berbagi praktik baik Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar (PMM).

"Beberapa guru sudah menyelesaikan Pelatihan Mandiri pada PMM. Namun, ketika hendak membuat dokumen aksi nyata, mereka kesulitan. Karena itu, kami mengundang Bapak Narasumber agar berkenan memberikan tuntunan dalam Bimtek ini," harap Yasinta.


Setelah pembukaan, narasumber mulai memaparkan materi singkat terkait apa itu Pelatihan Mandiri PMM dan manfaatnya. Sesi selanjutnya, narasumber menuntun peserta untuk membuka PMM, mengikuti Pelatihan Mandiri dengan cara menonton video, mengerjakan soal latihan pemahaman, menulis catatan refleksi, serta mengerjakan soal post test. 

Pada sesi berikutnya, narasumber mulai menuntun peserta untuk membuat bahan ajar berbagi praktik baik berbasis Canva Edu. Para peserta secara bertahap dituntun narasumber untuk membuat bahan ajar power point hingga selesai. Setelah break makan dan istirahat, Bimtek dilanjutkan dengan sesi berbagi praktik baik oleh para peserta, dilanjutkan dengan peserta lainnya memberikan catatan umpan balik.


Pada sesi selanjutnya, peserta mengunggah bukti aksi nyata ke dalam PMM. Di akhir Bimtek, peserta memberikan refleksi atas kegiatan tersebut kepada narasumber. 

Narasumber Muhammad Soleh Kadir mengakui, para peserta di sekolah ini merupakan para guru hebat sehingga tahapan-tahapan Bimtek dapat berjalan sesuai skenario yang disiapkan narasumber.


"Semoga kegiatan hari ini dapat memenuhi harapan dari kepala sekolah dan rekan-rekan guru hebat di lembaga pendidikan SDI Beliko ini," imbuh pria yang juga menjadi penulis buku ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Webinar SDN 1 Lamahala Tuai Pujian Dinas PKO Kabupaten Flores Timur

SMP PGRI Larantuka Gelar Workshop IKM Terampilkan Guru Hadapi Perubahan Pendidikan

SPENSA ADOTIM JUARA 1 TURNAMEN FUTSAL ANTAR PELAJAR ALJIHAD OPEN 2023